Syarkawi Rauf mendorong Reformasi Pasar

Dalam dunia persaingan usaha, ilmu ekonomi dan ilmu hukum merupakan dua ilmu yang saling berkaitan. Dalam hal ini, seorang yang berkecimpung di lembaga persaingan usaha seperti KPPU, dituntut tak hanya memahami persoalan ekonomi saja, tetapi harus memahami persoalan hukum persaingan usaha.

Dr.Syarkawi Rauf

Syarkawi, yang pada dasarnya adalah seorang pakar di ekonomi moneter, memahami tuntutan tersebut. Buktinya, ia memiliki konsep program yang cukup komprehensif. Tak hanya disektor persaingan usaha, ia juga menyusun konsep program di sektor hukum. Apa saja?

Syarkawi mendorong adanya reformasi pasar atau market reform. Menurutnya, reformasi pasar perlu dilakukan di Indonesia mengingat ekonomi di Indonesia masih sangat terkonsentrasi oleh satu-dua pemain besar di sektor-sektor strategis. Reformasi pasar menjadi instrumen koreksi atas masalah tersebut.

“Nah salah satu instrument untuk mengkoreksi ini adalah lewat reformasi pasar. Nah dalam reformasi pasar ada tiga agenda pokok yang saya dorong terus dalam satu setengah tahun terakhir,” ujarnya.

Tiga agenda dimaksud adalah, pertama, regulatory review. Selama masa jabatannya sebagai Ketua KPPU, ia menilai beberapa aturan main dalam dunia persiangan usaha justru memberikan keistimewaan kepada pelaku usaha tertentu. Ia mnenilai, banyak sekali Permen, Permendag, kemudian peraturan di tingkat bupati/walikota memberikan keistimewaan kepada pelaku usaha tertentu.

Hal ini, lanjutnya, tidak boleh terus dihidupkan, sehingga perlu dilakukan koreksi. Tujuannya adalah untuk memberikan kesempatan bagi semua pelaku usaha untuk berpartisipasi di dalam pengelolaan ekonomi khususnya di sektor strategis.

Guna mempercepat, Syarkawi mengeluarkan program competition checklist. Competition checklist bertujuan untuk membantu pemerintah dalam mendesain sebuah kebijakan yang sesuai dengan prinsip persaingan usaha yang sehat.

Agenda kedua dari reformasi pasar adalah dengan merubah struktur pasar. Struktur pasar terkonsentrasi, lanjutnya, tidak boleh dibiarkan sehingga diperlukan masuknya pelaku usaha baru. Dengan demikian, struktur pasar tidak lagi terpusat, namun terdistribusi secara merata kepada pelaku usaha lain.

“Kalau pemainnya banyak kompetisinya akan semakin baik. Itulah sebabnya kita ingin dorong itu dan teori persiangan yang paling umum itu, kalau strukturnya terkonsentrasi maka perilakunya cenderung ke kartel. Akibatnya adalah harga sangat mahal dan keuntungan tidak wajar, tapi kalau struktur kita ubah menjadi banyak dan terdistribusi maka itu adalah persaingan. Performance yang akan muncul harga akan cenderung turun dan keuntungan tidak terlalu tinggi karena keuntungan ini terdistribusi,” terangnya.

Agenda ketiga dari reformasi pasar adalah perubahan perilaku. Dalam hal ini, KPPU ingin mengedepankan pencegahan daripada penegakan hukum. Upaya pencegahan, salah satunya bisa dilakukan dengan merubah perilaku pelaku usaha. Untuk agenda ini, KPPU menerbitkan competition compliance guideline (CCG)CCG ini bertujuan sebagai pedoman berperilaku bagi pelaku usaha agar berntindak sesui dengan prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat.

“Bahwa kita akan dorong pelaku usaha membuat kode etik dalam berperilaku dengan mengadopsi prinsip-prinsip persaingan usaha yang sehat. Nanti bagi pelaku usaha yang mengadopsi CCG itu, kita akan kasih insentif ke depan. Nah salah satu insentifnya itu misalnya kalau di kemudian hari melanggar hukum persaingan, kita akan kasih misalnya keringanan hukuman, dengan denda yang kecil atau bahkan dibebaskan dari hukuman,” paparnya.

Disadur dari hukumonline.com

111 thoughts on “Syarkawi Rauf mendorong Reformasi Pasar”

  1. I have not checked in here for some time because I thought it was getting boring, but the last few posts are great quality so I guess I will add you back to my daily bloglist. You deserve it my friend 🙂

  2. Pretty nice post. I simply stumbled upon your weblog and wanted to mention that I have truly loved surfing around your blog posts. In any case I’ll be subscribing for your rss feed and I’m hoping you write once more soon!

  3. Isso pode ser irritante quando seus relacionamentos são interrompidos e o telefone dela não pode ser rastreado. Agora você pode realizar essa atividade facilmente com a ajuda de um aplicativo espião. Esses aplicativos de monitoramento são muito eficazes e confiáveis ​​e podem determinar se sua esposa está te traindo.

  4. Monitore o celular de qualquer lugar e veja o que está acontecendo no telefone de destino. Você será capaz de monitorar e armazenar registros de chamadas, mensagens, atividades sociais, imagens, vídeos, whatsapp e muito mais. Monitoramento em tempo real de telefones, nenhum conhecimento técnico é necessário, nenhuma raiz é necessária.

  5. I love your blog.. very nice colors & theme. Did you make this website yourself or did you hire someone to do it for you? Plz reply as I’m looking to create my own blog and would like to know where u got this from. kudos

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *